Email adalah "Surat Elektronik" Bagi Mahasiswa


    Sekarang ini banyak sekali manfaat teknologi informasi dan komunikasi atau kita sering menyebutnya dengan TIK. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktivitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki. Teknologi informasi dan komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala hal dan aktivitasnya. Salah satu contoh penerapan teknologi informasi dan komunikasi adalah email.

Tujuan email secara umum adalah membantu masyarakat dalam memecahkan masalah melalui jaringan internet. mahasiswa dalam penggunaan fasilitas internet memiliki tujuan yang bermacam-macam. Banyak mahasiswa menggunakan internet untuk penelitian, atau mencari berita asing guna membantu menyelesaikan tugas-tugas, tetapi yang paling populer adalah email.

Email adalah surat-menyurat secara elektronik dimana pesan yang dikirimkan akan sampai dalam waktu yang singkat. Pesan email tidak hanya berupa tulisan tetapi dapat disertai dengan file gambar,suara,animasi,dan lain-lain. Makanya, email ini menjadi penting untuk  komunikasi dalam zaman ini terutama bagi mahasiswa.Dalam pengamatan rata-rata mahasiswa yang pernah menggunakan internet pasti mempunyai email tersendiri. Alamat email mahasiswa itu semuanya bebas seperti Yahoomail, Hotmail, Gmail, Myspace,dan lain-lain. Karena mungkin iklan-iklan situs web tersebut berhasil mempengaruhi mereka dan provider email itu sangat terkenal tidak hanya di Indonesia.

Contoh Email Yang Sering Digunakan Mahasiswa :
     Tentu saja email yang diterima tetapi tidak diharapkan bukan hanya SPAM. Virus komputer sering diterima lewat email dan topiknya juga tidak jelas. Sayangnya, belum ada cara untuk menghentikan SPAM dan Virus komputer tersebut. Banyak perusahaan email gratis mempunyai "SPAM Filter" yang menghentikan penerimaan SPAM tetapi filter ini biasanya belum efektif. Mungkin di masa mendatang seseorang akan membuat filter efektif tetapi, saat ini SPAM dan Virus komputer tetap menjadi masalah besar. Namun demikian, manfaat email lebih besar daripada dampak negatifnya.


Bagi mahasiswa, email masih merupakan sarana komunikasi yang tercepat dan tercanggih untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Email sudah menjadi pengganti yang lebih baik daripada surat biasa yang harus dikirim melalui kantor pos, karena email tersebut diterima pada saat dan waktu yang sama dan tentu saja tidak bisa dibaca oleh orang lain.




Tidak ada komentar:

Kesan Dan Pesan

Bagaimana Blog Ini ?